NAMA: NITA MARLINA
KELAS: 4EA09
NPM: 15211196
TUGAS ETIKA BISNIS MENCARI 3 JURNAL .
JURNAL 1
PENGARUH CORPORATE ABILITY DAN CORPORATESOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP
EVALUASI KONSUMEN ( PRODUK TOLAK ANGIN PT.SIDOMUNCUL )
Nama Peneliti
:
Frans Patty dan H.Ratnawati Dwi Putranti
Tahun Penelitian : 2013
Tempat Penelitian : Semarang
Varibel yang diteliti : corporate
ability (kemampuan perusahaan), corporate social responsibility
(tanggung
jawab sosial perusahaan)
Hasil penelitian :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh corporate
abiliy (kemampuan perusahaan) dan corporate
social responsibility (tanggung jawab sosial perusahaan) terhadap
evaluasi konsumen.Populasi dalam dalam penelitian ini adalah masyarakat kota
Semarang pengguna produk Tolak Angin PT. Sidomuncul. Sampel yang diambil
sebanyak 85 responden, teknik pengambilan data menggunakan metode non-probability
sampling, yaitu dengan teknik purposive sampling. Metode
pengumpulan data yang dilakukan adalah metode penelitian lapangan (field
recearch) melalui observasi, wawancara dengan tanya jawab langsung kepada
responden, daftar pertanyaan (kuesioner) dan metode studi pustaka. Analisis
data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas,
analisa statistik deskriptif. Selanjutnya di analisis menggunakan teknik
regresi linier berganda.
Dari hasil analisis di ketahui bahwa corporate abilityberpengaruh
signifikan terhadap evaluasi produk dancorporate social responsibility berpengaruh
signifikan terhadap evaluasi produk.
Nama : Resti Yulistria
Judul : PENGARUH ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA ORGANISASI(Penelitian Pada Pegawai PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Cianjur)
Tahun : 2007
Tempat : PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Cianjur
Kata kunci : Etika Bisnis, Kinerja Organisasi, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Metode penelitian yang digunakan adalah Explanatory Survey, dengan teknik pengumpulan data kuesioner skala lima kategori Likert. Sumber data diperoleh dari populasi pegawai PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Cianjur. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah regresi. Teknik ini digunakan untuk mengukur pengaruh yang disebabkan variabel bebas terhadap variabel terikat.Variabel etika bisnis diukur melalui indikator otonomi, keadilan, kejujuran, saling menguntungkan, dan integritas moral, dan variabel tanggung jawab sosial perusahaan diukur melalui indikator market actions, mandated actions, dan voluntary actions. Kedua variabel bebas tersebut diukur berdasarkan persepsi pegawai. Adapun variabel kinerja organisasi diukur melalui indikator perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yang diukur berdasarkan kondisi riil tingkat kinerja organisasi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Cianjur).
Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa etika bisnis PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Cianjur berada pada kategori tinggi sedangkan untuk tanggung jawab sosial perusahaan dan tingkat kinerja organisasi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Cianjur berada pada kategori cukup. Oleh karena itu, penelitian ini dapat memberikan manfaat berupa perbaikan kinerja organisasi di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Cianjur untuk selanjutnya dijadikan dasar dalam menganalisis tingkat kinerja organisasinya.
JURNAL 3
Judul : Pengaruh Kepuasan Atas Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Mandiri Tbk Cabang Muaro PADANG
Nama Peneliti : Deby Meigy Arzena
Tahun : 2012
Tempat Penelitian : PT Bank Mandiri Cabang Muaro Padang
Varibel yang diteliti : Kepuasan atas kualitas pelayanan, kepercayaan , loyalitas
Hasil penelitian :
Kepuasan pelanggan memegang peranan yang sangat penting guna menjamin kelangsungan hidup suatu usaha terutama perusahaan bergerak dibidang jasa. Selain kepuasan pelanggan yang perlu diperhatikan lagi adalah kepercayaa pelanggan. Kepecayaan merupakan suatu kondisi ketika salah satu pihak yang terlibat dalam proses pertukaran yakin dengan kehandalan dan integritas pihak yang lain (Morgan dan Hunt).
Persaingan memperebutkan nasabah bank sangat ketat. Dengan jumlah bank dan kantor cabang yang banyak dan produk yang ditawarkan bank beragam, kualitas pelayanan dan kepercayaan memang sangat penting bagi bank untuk mempertahankan nasabah atau mendapatkan nasabah baru. Walupun kualitas pelayanan dan kepercayaan sebuah bank dianggap berkualitas namun nasabahnya juga belum tentu loyal.
Populasi penelitian ini adalah siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang orang yang kebetulan ditemui cocok sebagai sumber data.
Berdasarkan hasil analisis , kepuasan atas kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap nasabah PT Bank Mandiri Cabang Muaro Padang sedangkan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah PT Bank Mandiri Cabang Muaro Padang jadi untuk meningkatkan loyalitas nasabah dapat melalui peningkatan secara langsung kepercayaan nasabah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar